Loading...

Laman

Follow by Email

Rabu, 22 Juni 2011

Definisi Public Relation Menurut para Ahli

Pengertian (definisi) Public Relations jika dilihat dari asal katanya (Public dan Relations) adalah hubungan-hubungan antar publik atau singkatntya hubungan-hubungan publik. Ini berarti dapat mengindikasikan bahwa jika Public Relations (PR) diterjemahkan dengan Hubungan Masyarakat (Humas) adalah kurang tepat, namun karena masyarakat terlanjur mengenal istilah Humas dan sangat sulit untuk diluruskan maka istilah Humas tetap dipakai, bahkan pada instansi-instansi pemerintah.

Itu pengertian Public Relations (PR) secara harfiah. Lalu apa definisi/pengertian Public Relations secara istilah berikut adalah beberapa definisi atau pengertian Public Relations menurut para pakar komunikasi :

Definisi Public Relations dari Howard Bonham

Public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik secara lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan.

Definisi Public Relations dari M.O Palapah dan Atang Syamsudin

Public Relations adalah suatu bentuk spesialisasi komunikasi yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan bekerjasama antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasan bersama.

Definisi Public Relations dari Betrand R. Canfield

Public Relations adalah falsafah dan fungsi manajemen yang diekspresikan melalui kebijaksanaan dan kegiatan-kegiatan untuk melayani kepentingan publik, melakukan kegiatan komunikasi bagi publiknya untuk menciptakan pengertian dan goodwill dari publiknya.

Definisi Public Relations dari The British Institute of Public Relations (IPR)

Kegiatan Public Relations adalah keseluruhan upaya yang terencana dan berkesinambungan untuk menciptakan dan memelihara saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

Definisi Public Relations dari Frank Jefkins

Public Relations merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana, baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas dasar adanya saling pengertian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar